Cara Memasang/Memakai Template Sendiri ke Blog

Habib Syuhada March 22, 2017

Template Sendiri

Template Sendiri yang saya maksudkan disini adalah template yang bukan disediakan dari blogger. Mungkin anda pernah membuat template buatan anda sendiri dan ingin memasangkannya ke blog anda. Atau anda juga dapat mendownload dari internet template gratis yang keren. Tapi anda tidak tahu bagaimana cara memasangkannya ke blog.

Cara Memasang/Memakai Template 

Untuk memasang template ke blogger sangatlah mudah. Pertama siapkan tamplatenya. Anda dapat mencarinya di internet atau membuatnya sendiri. Anda dapat mencarinya dengan bantuan search engine google, dengan kata kunci pencarian Template Blog. Anda juga dapat menambahkan kata kunci lain seperti Keren, Simple, Cantik, atau SEO. 

Atau anda dapat membuat template sendiri. Anda dapat membuatnya dengan bantuan software web design/template maker seperti Artisteer, Adobe Dreamweaver, dan sebagainya.

Setelah anda punya templatenya, buka dasboard lalu pilih menu Template/Tema dan klik Cadangkan/Pulihkan
Cara Memasang/Memakai Template Sendiri ke Blog
Pilih Menu Tema lalu Cadangkan/pulihkan
Maka akan muncul tampilan seperti dibawah ini.
Cara Memasang/Memakai Template Sendiri ke Blog
Download Tema digunakan untuk Backup, Upload digunakan untuk memasang template.
Sebelum anda memasang template baru, saya sarankan untuk membuat backup-an dari template anda sebelumnya. Karena setelah anda memasang template baru dan ternyata template tersebut tidak cocok untuk blog anda, maka anda dapat kembali ke template lama yang telah anda backup. Untuk membuat backup, caranya klik Download tema, secara automatis anda akan mendownload file tema lama anda dengan format .xml.

Untuk memasang template, klik Choose File lalu buka direktori file template anda. Pilih file template lalu tekan Open. Setelah itu tekan Upload untuk memasang template.
Cara Memasang/Memakai Template Sendiri ke Blog
Misalnya filenya adalah Template SkyBamboox.xml maka klik filenya dan tekan Open.
Setelah itu, maka template anda pun telah diperbarui. Bila template yang baru saja anda pasang ternyata tidak sesuai dan ingin kembali menggunakan template yang lama. Maka anda hanya perlu memasang kembali template lama yang telah di backup tadi.

Penutup...

Berdasarkan pembahasan diatas, dapat disimpulkan bahwa memasang template sangatlah mudah bagi blogger. Yang menjadi masalah adalah template seperti apa yang harus dipasang? Template seperti apa yang sebaiknya anda gunakan? Menurut saya, suatu template haruslah memiliki tampilan yang simple tapi enak dilihat, responsive, fast load, dan SEO. Walaupun begitu, keputusan tetaplah berada ditangan anda maunya pakai template yang mana. Saya yakin, anda dapat memutuskan dengan bijak terutama setelah membaca artikel ini. Salam....

0 Response to "Cara Memasang/Memakai Template Sendiri ke Blog "