Cara Agar Artikel Postingan Anda tidak Dicopy Paste Oleh Orang Lain

Habib Syuhada June 04, 2017

Anti Copy-Paste Artikel

Pernahkah anda mengalami pengalaman dimana artikel yang telah anda buat dengan susah payah di salin (copy-paste) oleh orang lain yang tidak bertanggungjawab dan seenaknya meletakan artikel anda di blog/websitenya tanpa izin dari pemilik asli artikel tersebut. Rasanya pasti sangat sakit dan marah melihatnya. Terutama artikel yang salin adalah artikel terbaik anda. Dan setelah itu anda merasa tidak ingin hal yang serupa terjadi lagi dimasa yang akan datang.Maka andapun akan mencari cara agar artikel anda tidak disalin seenaknya lagi oleh orang lain. Jadi, kali ini SkyBamboox akan memberikan beberapa Cara Agar Artikel Postingan Anda tidak Dicopy Paste Oleh Orang Lain.
Stop Copy Paste. Stop PLagiarism.
Hentikan Kegiatan Plagiat. Gunakan kreativitasmu.


Cara Menyalin/Copy-Paste Artikel Orang Lain.

Sebelum mengatasi masalah "copy-paste" ini, kita harus tahu cara bagaimana orang lain menyalin artikel kita. Tapi saya harap anda tidak menyalahgunakan informasi ini. Dan juga kami tidak bertanggung jawab atas tindakan penyalahgunaan informasi ini. Baiklah, langsung saja bahwa ada dua cara untuik menyalin artikel orang lain.

Menyalin Artikel Orang Lain secara Automatis Menggunakan Feed

Apa itu feed? Feed itu dapat digunakan untuk menampilkan informasi suatu blog. Bagi anda yang pernah berlangganan pada blog tertentu lewat email, fitur itu juga menggunakan feed. Anda dapat melihat Feed anda dengan membuka alamat :
alamatbloganda.blogspot.com/feeds/posts/default
atau :
 alamatbloganda.blogspot.com/feeds/posts/default?alt=rss
Singkat cerita, si pelaku memiliki tools yang bisa menyalin semua postmu dari Feed, Sehingga setiap anda mempulish post baru, tools ini akan mengambil post tersebut dari Feed dan mempublishkannya di blog si pelaku.

Menyalin Artikel Secara Manual 

Untuk cara yang satu ini, sipelaku menyalin artikel dengan memblok semua artikel lalu menmcopy dan mempastekannya di postnya secara manual. Seperti saat anda sekolah dulu, mengerjakan tugas dengan mencari jawabnya di google, lalu copy pastekan ke word dan langsung print. Kira-kira seperti itulah caranya.

Lalu, Bagaimana Cara Agar Artikel Postingan Anda tidak Dicopy Paste Oleh Orang Lain?

Setelah anda tahu bagaimana cara si pelaku menyalin artikel anda, saatnya anda melakukan pencegahan. Untuk mencegah masalah ini, anda dapat melakukan banyak cara sesuai dengan cara yang dipakai oleh si pelaku sesuai yang telah sampaikan diatas.

Solusi Pertama : Mengatur Feed pada Blog

Seperti yang anda ketahui, dengan adanya feed para pelaku dapat dengan mudahnya menyalin artikel anda.Tetapi dengan melakukan sedikit pengaturan pada feed, anda dapat mencegah hal seperti ini terjadi. Terutama untuk blogger. Langsung saja caranya adalah...

Masuk ke dasboard blog anda dan pilih menu Setelan lalu Lainnya.
Cara Agar Artikel tidak Dicopy Paste dengan Melakukan Pengaturan Feed
Pilih Menu Setelan, lalu Lainnya. Untuk mengatur Feed pada Blogger
Lalu pada bagian Umpan Situs. Ubahlah Izinkan Umpan Situs? dari penuh menjadi singkat. 
Cara Agar Artikel tidak Dicopy Paste dengan Melakukan Pengaturan Feed
Ubah dari Penuh Menjadi Singkat.
Dengan mengubahnya menjadi singkat, para pelaku tidak akan menyalin artikel anda secara lengkap. Tetapi sebenarnya ini merupakan hal yang kurang baik bagi anda yang memiliki pengunjung yang berlangganan lewat email. Mereka hanya akan menerima sebagian dari keseluruhan artikel anda.

Ada yang harus anda ketahui, bahwa saya tidak menyarankan anda untuk merubahnya menjadi Tidak Satupun karena feed ini ternyata memiliki hubungan dengan beberapa script pada blog anda(Jika ada) yang membuat blog anda akan berjalan kurang normal. Jadi saya benar-benar tidak menyarankan untuk memlih pilihan tersebut.

Solusi Kedua : Memasang Script CSS Anti Copy Paste pada Bagian Tertentu

Selanjutnya untuk si pelaku yang menyalin artikel anda secara manual. Hal ini dapat dicegah dengan memasang Kode CSS pada template anda. Kode ini berfungsi untuk mencegah para pengunjung memblok tulisan artikel anda. Misalnya seperti pada blog ini, anda tidak dapat memblok tulisan pada setiap paragraf. Walaupun begitu masih ada beberapa bagian yang bisa dapat diblok seperti bagian dibawah ini.
Bagian ini dapat anda blok dan dapat juga dicopy.
Sekarang anda telah mengerti cara kerja Script ini. Langsung saja caranya adalah

Pertama Pilih menu Template dan plih Edit HTML.
Memasang Script CSS Anti Copy Paste pada Bagian Tertentu
Untuk Mengedit hmtl pilih menu Template.
Cari kode ]]></b:skin>
Untuk mempermudah gunakan fitur FIND Ctrl+F
]]></b:skin>

Lalu letakan script ini diatas kode ]]></b:skin>
.post-outer {
-webkit-touch-callout:none;
-webkit-user-select:none;
-khtml-user-select:none;
-ms-user-select:none;
-moz-user-select:none;
}

.post blockquote, .post pre, .post code{
  -webkit-touch-callout:text;
  -webkit-user-select:text;
  -khtml-user-select:text;
  -ms-user-select:text;
}
Copy to ClipBoard
Jadinya seperti ini.
Memasang Script CSS Anti Copy Paste pada Bagian Tertentu
Tambahkan Script diatas kode ]]></b:skin>. Gunakan Ctrl+F untuk memudahkan pencarian.

Lalu Simpan Template. Dan akhirnya blog anda telah terlindungi.

Sebenarnya masih ada satu cara lagi dengan menonaktifkan klik kanan pada blog anda dengan javascript. Tetapi saya kurang menyarankan hal itu, karena bagi para blogger yang artikelnya berisi tentang artikel tutorial yang mengharuskan menginputkan kode seperti artikel ini. Script tersebut tidaklah cocok.

Penutup

Kesimpulannya, terdapat dua cara agar artikel postingan anda tidak dicopy paste oleh orang lain. Yaitu dengan melakukan pengaturan feed pada blog dan memasang script anti copy paste. Apakah anda akan menggunakan solusi pertama, kedua, keduanya ataupun tidak keduanya. Semua tergantung keputusan anda sebagai pemilik blog.

Bila anda memiliki pertanyaan yang berkaitan dengan pembahasan artikel ini, silahkan berkomentar ditempat yang telah disediakan.

0 Response to "Cara Agar Artikel Postingan Anda tidak Dicopy Paste Oleh Orang Lain"