8 Hal Yang Harus Diperhatikan Saat Menulis Post Baru di Blogger Agar Banyak Pengunjung yang Membaca

Habib Syuhada March 13, 2017

Pendahuluan

Bila anda seorang blogger pasti anda sangat familiar dengan posting karena anda harus membuat postingan baru untuk menjaga blog anda tetap hidup. Tetapi, terkadang postingan anda tidak banyak pengunjung yang membacanya. Penyebab dari masalah ini salah satunya adalah kurang nyamannya pengunjung saat membaca artikel yang anda buat. Kali ini saya akan menyampaikan beberapa hal yang harus anda perhatikan saat menulis post baru.
8 Hal Yang Harus Diperhatikan Saat Menulis Post Baru di Blogger Agar Banyak Pengunjung
Postingan Baru yang disukai Pengunjung

Buatlah Judul Postingan Lebih Menarik

Berdasarkan pengalaman saya, judul adalah tulisan yang pertama kali dibaca saat mencari/menemukan sebuah artikel. Maka dari itu buatlah judul yang semenarik mungkin agar pengunjung tertarik dengan postingan kita. Misalkan ada dua artikel dari web yang berbeda mengenai cara untuk medapatkan banyak pengunjung diblog. Artikel pertama berjudul "Cara Mendapat Banyak Pengunjung Diblog" dan artikel kedua berjudul "Inilah Rahasia untuk Kamu Yang Ingin Punya Banyak Pengunjung Diblog". Menurut anda yang mana lebih menarik? Yang mana aja boleh. Intinya buatlah judul potingan yang menarik karena judul adalah senjata pertama untuk menarik perhatian pengunjung.

Artikel yang Anda Buat Harus Unik dan Berbeda dengan Yang Lain

Pengalaman, saat saya mencari sebuah info untuk tugas dan saya selalu menemukan isi artikel yang sama dengan artikel lain. Jadi artikel dengan topik yang sama tetapi berbeda web, itu isinya sama persis. Saya sudah menghabiskan banyak waktu dan billing, dan yang saya dapatkan dua artikel yang sama persis. Jika saya tau akan seperti ini saya lebih baik langsung segera kerjakan tugas setelah mendapatkan web yang setopik dengan tugas saya. Hemat waktu dan hemat uang.
Jadi janganlah anda menyalin artikel orang lain, walaupun topik yang anda buat adalah sama. Jika artikel lain menjelaskan ABC maka artikel yang anda buat haruslah menjelaskan ABCDEF. Buatlah tulisan anda sendiri. Jika bisa tulisan anda harus lebih lengkap dari yang lain. Jika tidak, setidaknya gunakanlah bahasa sendiri.

Pastikan Terdapat Gambar disetiap Postingan Kamu

Banyak yang bilang bahwa Gambar mewakili beribu kata. Nyatanya? Memang iya. Terlebih lagi gambar akan memperindah artikelmu dan dapat memperjelas lagi apa yang telah anda sampaikan. Jadi setidaknya post yang anda buat minimal memiliki satu gambar. Mengapa? Coba bandingkan artikel tentang Tutorial Merakit Komputer yang disertai gambar dengan yang tidak disertai gambar. Maka anda akan memilih artikel yang mana untuk dibaca?
Setelah itu, anda juga harus memperhatikan beberapa hal saat menginsertkan gambar ke blog untuk meningkatkan kenyamanan pembaca. Pertama gunakan caption. Caption berfungsi untuk memperjelas apa yang ingin anda sampaikan kepada pembaca lewat gambar tersebut. Selain itu dengan memberi caption, gambar akan terlihat lebih menarik.
9 Hal Yang Harus Diperhatikan Saat Menulis Post Baru di Blogger Agar Banyak Pengunjung
Ini caption. Gambar diatas adalah gambar koala dan saya sangat suka sama koala.
Gambar diatas adalah gambar yang telah diberika caption. Gambar tersebut diberi border/pembatas saat kita menambahkan caption. Apabila tidak diberikan caption maka tampilannya berikut
9 Hal Yang Harus Diperhatikan Saat Menulis Post Baru di Blogger Agar Banyak Pengunjung

Gaya Tulisan Harus Enak Dibaca

Disini yang saya maksudkan adalah format tulisan yang dipakai. Format tulisan haruslah jelas dari segi ukuran maupun warna. Warna tulisan haruslah cocok dengan warna template sehingga enak dan nyaman saat membaca.
Untuk gaya tulisan anda dapat mengikuti seperti gaya tulisan saya atau gaya tulisan anda sendiri. Disini saya menggunakan format normal untuk isi artikel. Lalu, pada bagian-bagian yang penting saya akan menggunakan format heading. Contohnnya kalimat "Gaya Tulisan Harus Enak Dibaca" dan sebagainya.

Gaya Bahasa yang Digunakan

Saya sangat merekomendaiskan untuk tidak menyingkat kata. Seperti yang jadi yg, dengan dgn dan lain-lain. Karena ini akan sulit untuk pembaca yang tidak tau maksudnya. Selain itu, gunakanlah gaya bahasa yang anda inginkan. Tetapi tulisan anda haruslah efektif dan komunikatif. Yaitu singkat, padat, dan jelas serta mudah dipahami oleh pembaca. Jadi, jangan berbelit-belit, kesana kemari, mutar-mutar. Jadi bikin pusing. 
Gaya bahasa terdapat 2 jenis yaitu bahsasa formal dan bahasa sehari-hari. Untuk blog pribadi anda dapat dengan mudah menggunakan bahasa sehari-hari. Tapi untuk blog yang bertujuan untuk bisnis, pendidikan dan semacamnya haruslah menggunakan bahasa formal.

Panjang Artikel Tidak Terlalu Pendek dan Tidak Terlalu Panjang

Panjang artikel tidak boleh terlalu pendek karena hal ini menunjukan bahwa artikel yang dibuat kurang berkualitas. Tetapi jangan terlalu panjang karena akan membuat pengunjung malas untuk membacanya.
Untuk jumlah kata pada artikel sebenarnya bebas. Tetapi saya lebih menyukai artikel yang panjang karena menunjukan bahwa kita mengerti akan topik yang dibahas. Walaupun isinya muter-muter disitu-situ aja. Ngomong-ngomong yang menargetkan panjang setiap artikel adalah lebih dari 400 kata.

Yang Terakhir, Terima Kasih

Sekian dari saya, sudah delapan kan? Jika tidak percaya, hitung saja kalimat yang berukuran besar. Pasti ada delapan.

0 Response to "8 Hal Yang Harus Diperhatikan Saat Menulis Post Baru di Blogger Agar Banyak Pengunjung yang Membaca"