Cara Memasang Widget Blog Untuk Pemula

Habib Syuhada March 17, 2017

Apa Sih Itu Widget?

Widget adalah fungsi tambahan yang dapat dipasang diblog anda. Misalnya anda ingin menampilkan jumlah pengujung di web anda, atau menampilkan jumlah orang yang sedang membaca di blog anda pada saat itu juga, dan sebagainya.

Widget ini biasanya terletak disidebar, disamping kanan konten. Tetapi anda juga dapat meletakannya dibagian bawah, diatas, dimanapun anda ingin meletaknnya.
Cara Memasang Widget Blog Untuk Pemula
Contoh Widget diblog yang diletakan di sidebar. Widget didalam kotak merah. 

Bagaimana Memasang Widget Di Blog?

Untuk memasang widget diblog sangatlah mudah. Anda hanya perlu masuk ke dasboard, lalu pilih menu  Tata Letak 

Cara Memasang Widget Blog Untuk Pemula
Pilih Menu Tata Letak untuk memasang widget.
Setelah itu anda akan melihat layout blog anda. Biasanya akan terdapat sidebar disamping Blog Posts.  Tentunya anda dapat mengubah layoutnya. Misalkan siderbarnya ada 2. Hal ini dapat anda ubah di menu Tema > Sesuaikan. Ini hanya sekilas info. Abaikan.
Cara Memasang Widget Blog Untuk Pemula
Tampilan Menu Tata Letak.

Selanjutnya klik Tambahkan Widget.
Cara Memasang Widget Blog Untuk Pemula
Tombol untuk menambah/memasang widget baru.
Maka setelah itu akan muncul jendela baru yang berisi sekumpulan widget yang disediakan oleh google. Widget yang disediakan sangat banyak dan lengkap. Bahkan anda juga dapat menggunakan widget buatan orang lain yang telah dibagikan.
Cara Memasang Widget Blog Untuk Pemula
Anda cukup pilih widget yang diinginkan dengan mengklik tandah "+" atau klik nama widgetnya. Jangan lupa Simpan Setelan Setelah anda memasang widget baru.

Terus, Widget Apa Yang Sebaiknya Dipasang?

Kabanyakan orang yang baru pertama kali masuk ke dunia blog, biasanya mereka akan memasang banyak widget untuk blog mereka. Pedahal, hal yang seperti ini kurang baik. Karena dengan banyak widget akan membuat blog anda tampil acak-acakan, rumit sehingga para pengunjung kebingungan saat membaca postingan anda. Selain itu, semakin banyak widget maka semakin lama waktu loading saat membuka blog anda. Jadi pastikan widget yang anda pilih benar-benar sangatlah dibutuhkan.
Cara Memasang Widget Blog Untuk Pemula
4 Widget Yang Sebaiknya Anda Pasang
Ada empat widget yang sebaiknya anda pasang yaitu

Profil 

Widget profil berguna untuk menunjukan identitas diri anda sebagai pemilik blog kepada pengunjung. 

Arsip Blog

Widget berfungsi untuk mempermudah pengunjung menavigasi blog anda dengan tautan ke pos lama. Jadi semua pos anda akan ditapilkan berurut berdasarkan waktu.

Label

Widget ini akan menampilkan semua label/kategori dari postingan dalam blog anda. Jadi para pembaca akan mudah mencari postingan anda yang berkategori sama. Misalnya sama-sama tentang panduan blogger.

Entri Populer

Menampilkan daftar pos anda yang paling populer/yang paling banyak dikunjungi. Widget ini harus anda pasang, karena para pembaca berkemungkinan besar untuk membaca post terpopuler diblog anda.

Sekian Terimakasih...

Kesimpulannya, banyak-banyaklah bereksperimen karena iilmu terbaik didapatkan melalui pengalaman.

0 Response to "Cara Memasang Widget Blog Untuk Pemula"