Belajar HTML&CSS Dasar 1 : Software Pendukung Berserta Caranya

Habib Syuhada June 04, 2017
Bagi anda yang ingin belajar membuat website tapi masih pemula, saya yakin anda bingung harus mulai darimana pada awalnya. Menurut saya, yang perlu anda lakukan pertamakali adalah menyiapkan alat-alat (software) yang digunakan untuk membuat website. Dibawah ini ada beberapa software yang saya rekomendasikan untuk anda gunakan.

Notepad++

Yang pertama adalah Notepad++. Notepad++ merupakan aplikasi text editor yang sering digunakan untuk membuat serangkaian kode dalam berbegai jenis bahasa pemrograman. Jadi, notepad++ ini akan membantu anda dalam mengoding(menulis kode) nantinya. Sebenarnya anda bisa saja membuatnnya menggunakan Notepad biasa yang merupakan bawaan windows atau semacamnya. Tetapi dengan bantuan Notepad++, membuat web akan terasa lebih mudah dan cepat.
Belajar HTML&CSS Dasar 1 : Software Pendukung Berserta Caranya
Contoh Tampilan Notepad++

Untuk kelebihan Notepad++ dari text editor lainnya adalah:

  • Mendukung berbagai bahasa pemrograman termasuk HTML, CSS, PHP, SQL, JS, dan lainnya.
  • Setiap type syntax terlihat lebih jelas karena ditulis dengan warna yang berbeda-beda.
  • Memiliki fitur Tab seperti Web Browser
  • Memiliki fitur autocomplete, dimana saat anda mengetik tanda "(" maka akan secara automatis tanda ")" akan muncul. Tidak hanya tanda kurung, tanda kutip, kurung siku juga bisa.
  • Gratis
  • Mudah dalam mengatur konfigurasinya
  • Banyak addon yang tersedia
Anda dapat mendapatkan software ini secara gratis di web aslinya.

Xampp

Yang kedua adalah Xampp. Xampp berfungsi untuk menampilkan website yang anda buat dengan semestinya. Terkadang dalam menampilkan web yang anda buat, terdapat keanehan karena tampilan tidak sesuai dengan apa yang anda tulis. Dengan XAMPP ini masalah tersebut dapat teratasi. Untuk lebih lanjut, anda dapat surfing di internet karena banyak web/blog yang telah menjelaskan tentang XAMPP ini.
Belajar HTML&CSS Dasar 1 : Software Pendukung Berserta Caranya
Tampilan Xampp Control Panel
Anda dapat mendapatkan XAMPP secara gratis di web officialnya.
Untuk saat ini, anda tak perlu ambil pusing. Yang penting anda harus punya dua software diatas dan andapun bisa mulai belajar untuk membuat web. Untuk cara penggunaannya akan saya jelaskan nanti.

Selain kedua software diatas, saya juga merekomendasikan beberapa web yang akan membantu anda belajar untuk membuat web.

W3School

Situs ini adalah perpustakaannya bahasa pemrograman web, mirip seperti kamus. Isinya terdapat syntax berbagai bahasa pemrograman lengkap dengan cara penggunaannya. Jadi apabila anda lupa atau tidak tau cara pengguanan suatu syntax, anda dapat melihatnya disitus ini. Situs ini bisa anda gunakan sebagai referensi nantinya.
Situs : W3schools

Codecademy

Codecademy adalah sebuah aplikasi web yang berfungsi untuk membantu kita dalam mempelajari bahasa pemrograman. Anda dapat belajar di web ini langkah perlangkah. Sayangnya anda harus mengupgrade akun anda ke akun pro untuk menikmati semua fitur yang ada.
Situs : Codecademy

StackOverflow

StackOverflow adalah sebuah forum atau komunitas berbasis web yang beranggotakan para programmer. Biasanya jika saya mengalami kesulitan dalam pemrograman, saya akan tanyakan di situs ini. Jadi, nantinya programmer lain akan menjawab dan memberikan solusi terhadap masalah yang saya tanyakan.
Situs : StackOverflow

Kesimpulan

Jadi kedua software diatas harus anda miliki untuk belajar membuat web. Karena untuk tutorial selanjutnya kita akan menggunakan kedua software tersebut, Xampp dan Notepad++. Sambil menunggu tutorial selanjutnya, silahkan anda buka ketiga website yang telah saya sarankan.

Omong-omong saya juga sedang belajar bahasa pemrograman web. Karena dikampus hanya diajarkan dasar-dasarnya saja. Jadi saya belajar secara otodidak untuk bahasa pemrograman web lanjut. Jadi kita sama-sama belajar disini.

Apabila ada pertanyaan atau pendapat seputar topik yang dibahas diatas, silahkan ditulis dikolom komentar. Insyaallah saya akan menjawab secepatnya. Terimakasih....

0 Response to "Belajar HTML&CSS Dasar 1 : Software Pendukung Berserta Caranya"