SourceTree: Git GUI Client Free Terbaik untuk Private Repository

November 17, 2022


Logo Git
GIT

GIT

Sebagai programmer yang berpengalaman, saya yakin anda sudah mengetahui apa itu git. Seperti yang kita tau git adalah salah satu sistem pengontrol veri (Version Control System) pada proyek perangkat lunak. Git ini bertugas untuk mencatat setiap perubahan pada file proyek yang dikerjakan oleh programmer seorang diri maupun dalam tim. 

Biasanya Git server yang sering digunakan oleh kebanyakan orang adalah Github. Dikarenakan gratis dan sifatnya hosting dapat diakses dimana saja. Tapi untuk sebuah perusahaan yang menjada source code mereka, biasanya mereka ingin membuat git repository sendiri (Private Repository) di server mereka agar keamanannya lebih terjamin. Dan untuk mengakses git kita bisa menggunakan git console yang sifatnya hanya text. Sedangkan yang kesulitan dalam menggunakannya bisa menggunakan Git GUI Client. 

Gambaran Flow Git System
Flow dari Git
Ada banyak sekali aplikasi Git GUI Client yang tersebar, ada gitahead, gitkraken, fork, git client dan lain lain. Tapi sebagai besar aplikasi yang bagus tidak dapat mengakses private repository secara gratis. Nah disini saya akan membagikan Git GUI Client Gratis yang menurut saya terbaik untuk Git Private Repository berdasarkan pengalaman saya. Tentunya ini bersifat subjektif dan anda dapat menerima ataupun menolaknya.

SourceTree

SourceTree adalah aplikasi Git GUI Client Terbaik menurut saya untuk Git Private Repository. Selain gratis SourceTree memiliki tampilan yang flat dan modern sesuai desain aplikasi zaman sekarang. Sebenarya juga ada aplikasi yang sejenis yaitu gitahead, fork dan lain lain. Dan fungsi aplikasi aplikasi tersebut tidak jauh berbeda. Tapi untuk tampilan, dimata saya sourcetree jauh lebih baik. Sekedar informasi tidak dibayar ya untuk mempromosikan aplikasi ini. Ini benar benar pendapat pribadi saya.

SourceTree Loading Logo
SourceTree
Walaupun saya mengatakan sourcetree adalah aplikasi Git GUI Client Terbaik. Tetap saja terdapat beberapa kekurangan yang saya rasakan. Kekurangannya adalah :

  • Aplikasi sangat lambat dalam pull dan push commit
  • Logic Diff and merge tool bawaan masih kurang dapat diandalkan dalam penggabungan code dibeberapa kasus.

Untungnya saya sudah mendapatkan solusi untuk kekurangan diatas. Dan saya akan membagikan solusinya dilain waktu.

Baiklah sekian dari saya. Silahkan bagikan pendapat kalian dikolom komentar tentang topik kali ini. Mungkin adalah aplikasi yang lain yang lebih baik dan belum saya ketahui. Tuliskan itu dikolom komentar. Jangan lupa sharing artikel ini bila bermanfaat untuk anda agar orang orang disekitar anda mengetahui juga. Sampai jumpa.

0 Response to "SourceTree: Git GUI Client Free Terbaik untuk Private Repository"