Cara Membuat Blog/Website di Blogger secara Baik dan Benar

Habib Syuhada February 20, 2017

Apa itu Blog?

Blog adalah suatu media yang digunakan untuk menyampikan informasi. Informasi yang dapat dibagikan bisa berupa tulisan, gambar, video, ataupun jenis file lainnya. Mungkin singkatnya, inilah blog, yaitu tempat dimana anda mendapatkan informasi dari suatu artikel pada blog. SkyBamboox merupakan contoh blog.

Apa Manfaat yang didapatkan dari Membuat Blog?

Banyak sekali manfaat yang mungkin anda dapatkan dari membuat suatu blog. Pertama anda dapat menyimpan sesuatu data untuk diri sendiri, sehingga saat anda membutuhkannya suatu saat nanti, anda dapat dengan mudah menemukannya. Tidak hanya itu, blog juga bisa menjadi sumber penghasil tambahan anda. Pokoknya banyak sekali manfaat membuat blog ini.

Bagaimana cara Membuat Blog/Web?

Untuk membuat sebuah web, anda harus memiliki hosting. Host tersebut digunakan untuk menyimpan data blog/web anda. Sedangkan untuk mendapat hosting anda harus membelinya, tentunya beli / menyewa ke penyedia host. 

Walaupun begitu, masih ada penyedia yang menyediakan host secara gratis, contohnya Blogger. Blogger merupakan turunan dari Google yang menyediakan host secara gratis sehingga kita dapat membuat blog tanpa membayar uang sepeserpun.

Bagaimana cara Mendaftar ke Blogger?

Dikarenakan blogger merupakan turunan dari google, maka mendaftar blogger = mendaftar google. Maksudnya anda hanya diharuskan memiliki akan google, membuat akun gmail. Jadi apabila anda sebelum membaca artikel ini telah memiliki akan gmail, maka anda hanya perlu login pada situs Blogger.

Bagaimana cara Membuat Blog di Blogger secara Baik dan Benar?

Pertama silahkan buka halaman Blogger. Setelah itu anda akan melihat halaman seperti pada gambar dibawah ini. Lalu tekan tombol Buat Blog pada bagian tengah halaman untuk membuat blog. Setelah itu anda akan diminta untuk login terlebih dahulu dengan akun gmail  milik anda.

Blogger Untuk Membuat Blog Secara Gratis
Tampilan Halaman Pertama Blogger
Setelah itu anda akan dialihkan kehalaman dasboard, itu adalah hamalan dimana anda dapat manajemen blog-blog anda. Halamn yang akan muncul setelah anda login akan mengeluarkan pop up yang berupa form pembuatan blog baru. Lalu isi semua kolom yang terdapat pada form tersebut sesuai dengan keinginnan anda.

Saran. Berilah nama sesuai dengan topik post/artikel yang akan anda masukan nantinya. Misalnya anda akan memasukan artikel tentang review film-film, maka judulnya Review Movie. Sendangkan untuk alamatnya review-movie-elu.blogspot.com. Hal ini memiliki nilai plus untuk web yang SEO.

Membuat Nama, Alamat untuk Blog Baru
Membuat Blog Baru

























Setelah itu tunggu beberapa detik dan selamat anda berhasil membuat blog baru. Sekarang anda dapat mulai mebuat post baru atau mengganti template blog untuk memperindah tampilan atau men-seo-kan blog anda.

Dasboard Blogger
Tampilan Dasboard
Sekian dari saya, bila ada yang ingin ditanyakan silahkan isi pada kolom komentar pada pos ini.
Baca Juga : Hal Pertama Yang Harus Dilakukan Setelah Membuat Blog

0 Response to "Cara Membuat Blog/Website di Blogger secara Baik dan Benar"