Hal Pertama Yang Harus Dilakukan Setelah Membuat Blog

Habib Syuhada February 21, 2017

Apa saja yang harus saya lakukan setelah selesai membuat blog?

Pertanyaan ini lah yang biasa terlintas di pikirin kita saat kita baru saja memasuki dunia blogger. Maka dari itu, SkyBamboox akan memberikan sedikit saran dan rekomendasi untuk teman-teman yang masih pemula di blogger. Jadi langsung saja, dibawah ini merukan hal hal yang sebaiknya dilakukan setelah membuat blog.
Baca Juga : Cara Membuat Blog/Website di Blogger secara Baik dan Benar

Tips Membuat Blog
Yang Anda Lakukan Setelah Membuat Blog

Exlorasi Meja kerjamu.

Apa maksudnya? Jadi, setelah membuat blog untuk pertama kalinya anda harus mengenal area kerja anda. Sehingga anda tahu bagaimana cara membuat post yang baik, bagaimana cara mengubah template, bagaimana cara mengatur tata letak widget, dan sebagainya. Hal ini akan meningkat kinerjamu dalam mengurus blog dan kamu juga dapat mudah mengerti suatu pembahasan mengenai pengurusan blog.

Perindah Blogmu dengan menggunakan Template yang Menarik dan Simple

Mengganti template blog dari template default(dasar) yang telah disediakan oleh blogger merupakan hal yang harus anda lakukan setelah membuat blog. Anda dapat menggantinya dengan template yang lebih menarik, enak dipandang, dan sebagainya. Anda harus memilih template yang mengutamakan kenyaman pengunjung, maksudnya template itu haruslah enak dipandang oleh mata, loadingnya cepat, dan sebagainya.

Saran. Template sebaiknya tidak hanya menarik, tetapi juga simple. Simple disini artinya tersusun dengan rapi dan pengaksesan yang cepat. Search Engine(Google) lebih menyukai blog yang simple dan loading yang cepat dibandingkan dengan blog yang punya banyak fitur tapi sangat berat. Selain itu juga hindari penggunaan template yang menggunakan warna dasar yang gelap. Untuk mendapatkan template yang menarik, anda dapat mencari di internet. Banyak web-web yang menyediakan template yang lebih baik. Baik secara gratis maupun berbayar.

Untuk mengganti template, buka dasboard, pilih menu template > cadangkan/pulihkan lalu upload template yang telah anda miliki, biasanya berformat .xml . Tetapi sebaiknya anda melakukan backup untuk template anda yang lama, takut terjadi hal yang tidak diinginkan saat anda memasang template baru. (Cara backup ; pilih menu template > cadangkan/pulihkan > download template).
Baca Juga : Cara Memasang/Memakai Template Sendiri ke Blog

Tulislah Post yang Unik dan Dicari-Cari oleh para Pengunjung

Sebuah blog haruslah memiliki post. Karena untuk menyimpan informasi, gambar, video atau apapun itu haruslah melalui post. Post yang anda buat haruslah unik dan pastinya dicari-cari oleh orang lain. Tidak hanya unik, tetapi post yang anda buat juga harus disukai para pembaca. Maksudnya buat lah post yang membuat para pembaca mau membaca artikel anda hingga selesai. Terkadang banyak pembaca yang enggan membaca artikel. Alasanya, kepanjangan, terlalu berbeli-belit, kurang mengerti dengan artikel yang dibacanya dan sebagainya. Maka dari itu buat lah post yang disukai pengunjung, sehingga mereka betah dan membuat meraka terus mengujungi blogmu.
Baca Juga : 8 Hal Yang Harus Diperhatikan Saat Menulis Post Baru di Blogger Agar Banyak Pengunjung yang Membaca

Sebarkan Keberadaan Blog Anda ke Khalayak

Setelah anda membuat blog, sebarkanlah blog anda ke orang-orang agar mereka mengetauinya dan berharap mereka akan mengunjungi blog anda, terutama orang-orang dekat disekitar anda. Anda dapat memulainya dengan memberi tahu ke keluarga anda seperti orang tua, saudara, sepupu dan lainnya. Atau juga anda dapat memberi tahu teman-teman anda.

Selain cara penyebaran yang dilakukan oleh mulut ke mulut, anda juga dapat menggunakan media sosial sebagai media penyebar keberadaan blog anda. Cara ini sangatlah mudah dan ampuh, anda hanya perlu mengirim alamat blog anda ke timeline(status) facebook, twitter, google+ dan sebagainya.

Tidak hanya kedua cara itu, anda juga dapat berkunjung ke blog/web lain. Lalu berkomentar pada blog tersebut dan berharap pemilik blog tersebut melakukan hal yang sama seperti apa yang telah kita lakukan seperti mengujungi blog milik anda. Hal ini seperti makna sebuah pribahasa "Air Susu dibalas Air Susu", kunjungan dibalas kunjungan, Hehehe.

Optimasi Web/Blog -mu untuk Pencarian Search Engine

Sebenarnya saya masihlah pemula dalam hal ini. Jadi saya tidak dapat menjelaskan banyak untuk point yang satu ini. Tapi singkatnya, hal yang paling penting apabila anda ingin memopulerkan blog anda, anda harus tahu dan paham akan SEO (Search Engine Optimization). Yang saya mengerti tentang SEO adalah cara agar Search Engine (seperti Google) mudah mencari blog anda dan menempatkan blog tersebut pada page/halaman pertama. Untuk saat ini anda dapat mencari tahu hal ini di Google. Saya minta maaf untuk yang satu ini.

Sekian dari saya, semoga artikel ini ada manfaatnya. Semoga Sukses!

0 Response to "Hal Pertama Yang Harus Dilakukan Setelah Membuat Blog"